Jumat, 23 Juli 2010

It's end (maybe)

akhirnya 2 bulan PKL selesai sudah. Alhamdulillah sudah diberi kekuatan untuk melewatinya. PKL ternyata jauh lebih berat daripada KKN. aku jadi sedikit bisa membayangkan gimana rasanya skripsi nanti.

semua rasa sudah aku rasakan disini, mulai dari seneng, senep, sengsara, semail (smile), sedih, setress, seratus, dua ratus, tiga ratus.....(oh no...saya mulai menggaring rupanya). anyway, mari serius kembali.
PKL itu dimulai dari mencari data, menemukan masalah kesehatan yang ada di daerah semampir. aku harus door to door bwt mewawancarai responden yang banyak banget. diterima alhamdulillah, ditolak sering banget, diusir juga pernah. namanya orang indonesia, klo ga ada imbalan mana mau nyediaan waktu bwt mikir jawaban kuesioner, apalagi sasaran adalah golongan ekonomi menengah ke bawah. klo di luar negeri kan org ngisi informed consent dulu trus dapat uang, jadi pas ngisi data lebih valid karena ngisinya senang hati.

abis susah payah ngumpulin data bareng temen sekelompok, giliran mumet mengolahnya (hahh....rasanya klo inget itu bisa stres gue). abis ketemu masalahnya, baru deh diintervensi (alhamdulillah program2nya sukses).

selama PKL ini, udah stres mumet ngurusi program, ditambah konflik internal kelompok yang makin memperkeruh suasana. klo situasi udah dibawah tekanan emang langsung keliatan mental survive masing2 orang. ya sudahlah, it's end. seminar PKL kemarin udah mengakhiri semuanya. legaaaaaa........


sekarang aku mulai mencari alternatif tempat liburan, smg ada yg mau ngajakin aku dan yg paling penting smg diijinin ortu keluyuran.


2 komentar:

  1. yaah. mbak mit. kok cm segitu doang..
    nambah lg. biar bener2 dapet gambaran gmn kehidupan semester tua. :D

    BalasHapus
  2. hahaha kita kan seangkatan la :p
    sengsara tp seru kok hehe. yang pasti jaga kesehatan yaa...soalnya banyak yg sakit pas PKL karna kecapekan.

    BalasHapus